Rabu, 20 Maret 2013

Ka. Kankemenag Kota Banjarmasin : MTQ Sebagai Sarana Untuk Meningkatkan Silaturahmi


Bjm, Pelita Ihsan – Menanggapi selesainya pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional Ke 45 Tingkat Kota Banjarmasin Tahun 2013, Camat Banjarmasin Tengah Irwan Aprianto, MAP, selaku Ketua Umum Panitia mengatakan untuk peserta terbaik disediakan trophy, uang pembinaan, dan juga ada hadiah utama ibadah umrah untuk 6 orang peserta terbaik. Beliau juga mengatakan bahwa penyelenggaraan MTQ kali ini berdasarkan Keputusan Musda tahun 2012 yang lalu dan diperkuat dengan keputusan Walikota Banjarmasin tentang susunan Panitia Penyelenggara.
MTQ ke 45 Tingkat Kota Banjarmasin ini memperlombakan beberapa cabang terdiri dari Tilawah Gol. Dewasa, Remaja, Anak-anak dan Qiraat Al Qur’an. Cabang Tahfizh terdiri dari Gol. 1 Juz, 5 Juz dan Tilawah, 10 Juz, 20 Juz serta 30 Juz. Dan juga cabang lomba Puitisasi Terjemah Al Qur’an, Festival Rebana dan Fahmil Qur’an. Untuk pelaksanaan kegiatan ini dananya bersumber dari bantuan Pemerintah Kota Banjarmasin, para PNS di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin serta PNS di lingkungan Kementerian Agama Kota Banjarmasin. Kegiatan cabang yang ada pada MTQ kali ini mengambil tempat selain di panggung utama arena MTQ, juga bertempat di MAN 3 Mulawarman untuk cabang Fahmil Qur’an dan pada MTsN Mulawarman untuk cabang Puitisasi Terjemah Al Qur’an, Masjid Jami Pelajar Mulawarman untuk cabang Tahfizh 1 Juz, 5 Juz dan Tilawah 10 Juz, 20 Juz serta 30 Juz. Adapun kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 15-17 Maret 2013 di Kecamatan Banjarmasin Tengah.
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banjarmasin DR. H. Ahmadi H. Syukran, MM, dalam sambutan beliau mengatakan bahwa MTQ adalah sarana untuk meningkatkan silaturahmi. “MTQadalah merupakan sarana untuk meningkatkan silaturrahmi bagi kita semua, teruma sekali bagi Qari-Qariah, Hafizh-Hafizhah dan peserta lomba lainnya dan bukan sekedar untuk mencari hadiah maupun trophy kejuaraan, melainkan sebagai ajang evaluasi bagi anak-anak kita yang mempelajari Al Qur’an baik itu dalam tilawah/lagu, pemahaman isi kandungan Al Qur’an, terjemah Al Qur’an, hafalan Al Qur’an maupun dalam berqasidah yang juga terkait dengan Al Qur’an,” ucap beliau.
Selain itu beliau juga mengingatkan para peserta MTQ agar punya pendirian yang kuat dan tidak akan melakukan mutasi peserta ke Kabupaten/ Kota yang lain. (Humas, Amien/Abdie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar