Senin, 18 Maret 2013

Rakerda LPTQ ke-27 Kota Banjarmasin


Pelita Ihsan, Senin, 11/03/2013
Semakin dekatnya Penyelenggaraan MTQ Nasional Ke 45 Tingkat Kota Banjarmasin di Kecamatan Banjarmasin Tengah yang menjadi tuan rumah mulai tanggal 15 s.d 17 Maret 2013. Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Banjarmasin melaksanakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) ke 27 dalam rangkaian kegitan MTQ dimaksud, acara tersebut dilaksanakan pada hari Kamis 07/03/2013 bertempat di Hotel A (Arum) Banjarmasin.
Ketua I LPTQ Kota Banjarmasin Bapak Drs. H. Abdul Hamid Erman, dalam sambutan mengatakan bahwa Rakerda kali ini dilaksanakan dalam rangka mengevaluasi program kerja yang dibuat pada Musyawarah Daerah (Musda) pada tahun yang lalu.
“Sampai sejauh mana kegiatan LPTQ Kota Banjarmasin dilaksanakan dan apabila ada yang belum terlaksana maka kita berharap pada tahun 2013 ini bisa kita laksanakan,” ucap beliau.
Dalam sambutannya Ketua LPTQ juga menjelaskan bahwa pada kegiatan pada tahun 2012 yang lalu telah terlaksana beberapa kegiatan seperti pembinaan bagi Qari-Qariah, Hafizh-Hafizhah dan peserta lomba lainnya, melaksanakan MTQ Nasional Ke 44 Tingkat Kota Banjarmasin di Kecamatan Banjarmasin Timur tahun 2012, pengiriman Kafilah Ke MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu bulan April tahun 2012.
Melalui Rakerda kali ini diharapkan akan tersusun Program Kerja tahun 2013/2014, terutama sekali pembinaan bagi peserta yang nantinya akan mengikuti Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Nasional XIXTingkat Provinsi Kalimantan Selatan bulan Mei 2013 ini di Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara. Sehingga dapat meningkatkan peringkat juara umum daerah. Pada STQ tahun 2011 yang lalu di Kandangan, Kota Banjarmasin hanya meraih peringkat ke5.
“kita menginginkan peringkat tersebut dapat ditingkatkan lagi, disamping itu pula LPTQ Kota Banjarmasin juga telah melaksanakan study banding ke LPTQ Kabupaten Sidoarjo, dimana LPTQKabupaten Sidoarjo merupakan Kabupaten yang sering meraih juara umum daerah pada MTQmaupun STQ Tingkat Provinsi Jawa Timur,” tutur beliau. beliau.
Sementara itu, Wakil Walikota Banjarmasin Bapak H. Irwan Anshari dalam beliau pada acara pembukaan Rakerda tersebut menyambut baik dilaksanakannya Rakerda ini, karena selain mengevaluasi apa yang telah diprogramkan pada tahun yang lalu, juga sebagai ajang untuk menggali informasi, koordinasi dan dapat berkomunikasi langsung dengan seluruh jajaran LPTQ Kota Banjarmasin bersama LPTQ Kecamatan Se-Kota Banjarmasin.
“Saya berharap Rakerda kali ini dapat membuat/menyusun program kerja kedepan agar pembinaan kepada Qari-Qariah, Hafizh-Hafizhah dan peserta cabang lomba lainnya dapat di tingkatkan, lebih-lebih lagi bagi peserta yang akan mengikuti STQ Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara pada bulan Mei nantinya, dapat membawa nama baik Kota Banjarmasin di tingkat Provinsi, Nasional bahkan Internasional. Seandainya Musabaqah Al Qur’an ini bisa dilaksanakan seperti audisi, mungkin saja lebih meriah, dan pelaksanaannya tetap di tempat terbuka. Tetapi akan tetap mungkin sangat sulit dilaksanakan seperti itu karena harus banyak waktu yang disediakan, dan banyak biaya yang digunakan” kata beliau.
Dalam pemandangan umum bagi Pengurus LPTQ Kecamatan, yang disampaikan oleh beberapa perwakilan LPTQ Kecamatan, mengingikan adanya kantor sekretariat LPTQ Kota Banjarmasin yang dapat digunakan untuk koordinasi dan pembinaan bagi Qari-Qariah, Hafizh-Hafizhah dan peserta lomba lainnya. Anggaran dana MTQ supaya ditingkatkan karena tahun 2014 berbarengan dengan pelaksanaan Pemilu legisltif. “ kita khawatir anggaran dana tersedut kesana,” tanggapan dari LPTQBanjarmasin Barat yang disampaikan oleh Bapak Abdul Muhdi.
Pada bagian lain, wakil dari LPTQ Banjarmasin Selatan, “berharap kepada LPTQ Kota Banjarmasin, agar dapat melakukan pembinaan bagi ustadz-ustadzah TPQ LPTQ yang ada di Kecamatan-kecamatan, karena LPTQ Kota Banjarmasin adalah Bapak kandungnya, disamping itu juga kami berharap agar LPTQ Kota Banjarmasin dapat memperjuangkan para ustadz-ustadzah untuk mendapatkan insentif pada tahun 2013” demikian usulan dari Bapak Noorhidayat.
Sementara itu Kepala Kantor kementerian Agama Kota Banjarmasin yang turut hadir dalam Rakerda tersebut mengatakan bahwa Rakerda LPTQ Kota Banjarmasin ini telah menghasilkan beberapa keputusan penting untuk dilaksanakan pada tahun 2013 ini, terutama sekali menyangkut masalah peningkatan kualitas bagi peserta yang akan mengikuti STQ tingkat Provinsi Kalimantan Selatan bulan Mei nantinya.
“Dengan melaksanakan Pelatihan/TC hasil dari MTQ Nasional Ke 45 yang akan kita laksanakan pada tanggal 15 s.d 17 Maret 2013, terakit dengan peserta kita yang ikut ke Kabupaten lain pada tahun yang lalu, kita harus lebih teliti lagi agar pengalaman kita tidak terulang pada tahun ini”, demikian harapan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banjarmasin Bapak DR. H. Ahmadi H. Syukran, MM, dalam sambutan beliau ketika menutup acara Rakerda tersebut.
Hadir dalam acara pembukaan, selain dari yang memberikan sambutan tersebut diatas, ada beberapa Kepala SKPD dan Kepala Seksi dilingkungan Pemko Banjarmasin, para Kepala Seksi dilingkungan Kantor Kemenag Kota Banjarmasin, seluruh Pengurus LPTQ Kota Banjarmasin beserta jajarannya, Tim Humas yang meliput kegiatan (Amien/Abdie/Sdl).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar